Home » , » TAMAN NASIONAL PULAU KOMODO DAN SEJARAHNYA

TAMAN NASIONAL PULAU KOMODO DAN SEJARAHNYA

Salah satu pulau paling indah yang dimiliki Indonesia yang ternyata juga sudah terkenal keseluruh dunia yaitu Pulau Komodo.

Pulau Komodo yang telah kita ketahui bersama yaitu terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo yang sangat terkenal dikarenakan memiliki habitat asli yaitu hewan komodo.

Pulau yang berada didalam kawasan yang memiliki nama yang sudah banyak dikenal keseluruh dunia yaitu Taman Nasional Komodo diketahui terletak pada bagian baratnya yaitu terdapat Pulau Sumbawa yang dipisahkan oleh sebuah selat yang dijuluki selat Sape termasuk dalam wilayah kecamatan komodo, kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur Negara Indonesia.

Sebelumnya saya sendiri mau berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang sampai detik ini selalu berusaha dalam menjaga peninggalan-peninggalan satwa leluhur kita yang patut dilindungi baik dalam negeri maupun dunia internasional.


taman nasional pulau komodo angklinjohn.id
 Taman Nasional Pulau Komodo
Gambar: www.pixabay.com


Pulau komodo merupakan salah satu tempat tinggal hewan komodo dan pulau ini juga ternyata sudah lama menjadi tempat berkembang biaknya dari hewan komodo oleh sebab itu dinamakan pulau komodo.

Saya sendiri tidak bisa menghitung lagi banyaknya hewan komodo dipulau ini, saking banyaknya sampai saya tidak dapat mendeskripsikan kalau kalian ingin sekali mengetahui bisa cek aja di google berapa banyak hewan komodo dipulau komodo, pasti informasi akan langsung kalian dapat.

Setiap tahun  populasi hewan komodo terus bertambah karena hewan komodo merupakan salah satu warisan dunia jadi pemerintah juga sangat berperan penting dalam pelestarian hewan ini dan harus dilindungi dari hal-hal yang tidak bertanggung jawab.

Selain hewan komodo, pulau ini juga menyimpan banyak ekosistem flora yang sangat beragam contohnya beberapa pohon kayu yaitu pohon sepang yang dijadikan sebagai obat untuk mencegah penyakit secara tradisional dan dapat dijadikan sebagai pewarna pakaian, pohon nitak dapat dijadikan sebagai salah satu obat dan bijinya juga dapat dijadikan sebagai bahan makanan yang memiliki rasa gurih layaknya kacang polong. 

Taman Nasional Komodo ini berdiri pada tahun 1980 yang memiliki tujuan melindungi kelestarian hewan komodo yang terancam punah saat itu.

Bukan hanya hewan komodo saja dilindungi, taman nasional pulau komodo ini bertujuan melindungi tumbuh-tumbuhan dan satwa, juga binatang laut karena pulau komodo tidak hanya terkenal dengan hewan langkanya saja tapi juga didukung dengan keindahan wisata bawah laut yang menakjubkan untuk semua wisatawan yang berkunjung. 

UNESCO telah mengakui sebagai salah satu situs warisan dunia dari tahun 1986. Bahwa pulau komodo dan dua pulau besar lainnya seperti Pulau Rinca dan Pulau Padar harus bisa dipelihara sebagai salah satu tempat berkembang biaknya reptil yang telah menjadi warisan dunia sejak disahkan oleh UNESCO. 


SEJARAH PULAU KOMODO
Komodo ternyata sudah sudah sejak lama memiliki nama ilmiah Varanus Komodoensis atau nama yang diberikan oleh para penduduk pada hewan ini yaitu "Ora".

Komodo telah ditemukan dari tahun 1910, memiliki tubuh yang besar dan citranya yang terlihat mengerikan ternyata membuat mereka sangat populer dikebun binatang.

Hewan komodo ini sudah lama diketahui memiliki habitat dialam bebas yang akhirnya harus dilindungi dan sebab itu IUCN berusaha memasukkan hewan komodo sebagai salah satu spesies yang sangat rentan dengan kepunahan.

Oleh sebab itu, hewan besar ini harus dilindungi dibawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuah taman nasional yang didirikan untuk melindungi mereka.

Hewan raksasa ini memiliki cerita yang dibagikan pertama kali ditahun 1912 pada harian nasional Hindia Belanda. Peter A. Ouwens, Direktur Museum Zoologi di Bogor merupakan salah satu orang yang mengenalkan hewan komodo kepada dunia lewat tulisan suratnya.

Semenjak itu, penelitian terhadap spesies hewan komodo ini terus dilakukan, bahkan diketahui sempat menginspirasi salah satu film ternama dunia yaitu Kingkong pada tahun 1933.

Setelah berjalannya waktu pemerintah saat itu menyadari perlunya ada tindakan perlindungan terhadap hewan komodo di habitat aslinya itu, ditahun 1915 Pemerintah Belanda kemudian mengeluarkan pelarangan perburuan dan pembunuhan hewan komodo dihabitat aslinya.

Setelah berjalannya waktu, akhirnya Pulau komodo masuk dalam 28 finalis yang dipilih dari 77 nominasi. Namun sebelumnya terdapat 261 lokasi didunia yang telah didaftarkan menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Kemudian Pulau komodo lah yang jadi andalan negara Indonesia diajang New7Wonders of Nature yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan beberapa lokasi lainnya, karena saat itu komodo dipercaya sebagai dinosaurus terakhir dimuka bumi ini.

Oleh karena itu, kita yang hidup dimasa sekarang harus bisa menjaga dan melestarikan setiap warisan yang di tinggalkan oleh para leluhur sebelumnya kepada kita sekarang ini.

Kalau kita tidak bisa menjaganya sampai dimasa yang akan datang siapa lagi yang bisa menjaganya. Apalagi dizaman modern ini yang kebanyakan dari kita lebih mementingkan diri sendiri dari pada orang-orang yang berada dekat dengan kita saat ini.

Ayo marilah kita tumbuhkan rasa kepedulian kita pada orang sekitar maupun lingkungan kita sendiri, karena semuanya itu dimulai dari lingkungan kita setiap hari.


taman nasional pulau komodo angklinjohn.id
  Hewan Komodo
 Gambar: www.pixabay.com



Semoga Bermanfaat...

Thanks for reading TAMAN NASIONAL PULAU KOMODO DAN SEJARAHNYA

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment