Home » » NAMA PLANET TATA SURYA DAN DI DUNIA

NAMA PLANET TATA SURYA DAN DI DUNIA

NAMA-NAMA PLANET DALAM TATA SURYA :

1. MERKURIUS
Planet Merkurius merupakan planet yang memiliki jarak yang paling dekat dengan matahari, sehingga menyebabkan suhu disiang hari planet merkurius mencapai 400 derajat celcius, sedangkan malam harinya mencapai suhu 180 derajat celcius.

Waktu yang dibutuhkan planet merkurius melakukan rotasi selama 58,64 hari dan membutuhkan waktu untuk revolusi yaitu selama 88 hari.

Planet merkurius diketahui tidak memiliki satelit dan cincin seperti planet lainnya, jarak antara planet Merkurius dan Matahari sekitar 57,9 juta Km yang merupakan planet paling terdekat dan urutan pertama berada dekat dengan matahari dibandingkan dengan planet lainnya.

2. VENUS
Planet Venus merupakan planet yang memiliki suhu terpanas yang terdapat dalam sistem tatasurya yang mencapai 470 derajat celcius, dengan panasnya ini diketahui planet venus dapat menyebabkan radiasi dan ditutupi awan tebal yang mengandung  karbondioksida sehingga bisa disimpulkan dengan suhu yang sangat panas ini tidak mungkin ada makhluk yang dapat mampu bertahan hidup diplanet ini.

Planet Venus membutuhkan waktu untuk dapat berotasi selama 243 hari dan waktu yang dibutuhkan untuk berevolusi selama 224 hari sekali. Jarak antara planet venus ke matahari sekitar 108,2 juta km, planet venus ini tidak memiliki cincin dan satelit.

3. BUMI
Planet Bumi merupakan salah satu planet yang diketahui memiliki kehidupan karena dapat ditinggali oleh makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan sampai saat ini.

Planet bumi memiliki suhu yang stabil dan normal yaitu 15 derajat celcius sehingga dapat menjaga keseimbangan dan membantu menghasilkan oksigen yang lebih bagi semua makhluk hidup, tidak seperti suhu diplanet lain yang sering cepat berubah-ubah.

Waktu yang dibutuhkan planet bumi untuk melakukan rotasi yaitu selama 23 jam dan planet bumi memerlukan waktu untuk dapat berevolusi selama 365 hari.

Jarak antara matahari ke planet bumi sekitar 149,6 juta km, planet bumi tidak memiliki cincin namun memilik 1 satelit yaitu Bulan yang bisa dilihat pada malam hari.

Buat kalian yang sering melihat warna planet bumi kebanyakan berwarna biru, hal ini disebabkan karena adanya partikel udara yang terdapat di atmosfer yang memantulkan cahaya berwarna biru.

4. MARS
Planet Mars merupakan planet yang memiliki ukuran lebih kecil dari bumi dan dipermukaannya terdapat gunung berapi, bebatuan, kawah, gurun, lapisan es dan lembah.

Planet Mars memiliki waktu berotasi yaitu selama 25 jam dan juga mempunyai 2 satelit bernama Phobos dan Deimos. Jarak antara matahari dan planet Mars yaitu 227,9 juta km dan planet ini juga diketahui tidak memiliki cincin.

5. YUPITER
Planet Yupiter merupakan planet yang terdiri dari helium dan hidrogen yang kaya akan kandungan gas yang sangat banyak, selain itu planet yupiter mempunyai gaya tarik yang sangat besar sehingga dapat mengubah gas hidrogen menjadi cair.

Planet Yupiter memiliki waktu berotasi selama 10 jam dan memiliki waktu revolusi selama 29 tahun sekali.

Planet Yupiter memiliki suhu normal sekitar 50 derajat celcius dan sampai saat ini diketahui planet yupiter mempunyai 67 satelit dengan 4 satelit terbesar bernama Io, Europa, Ganymede dan Callisto.

Jarak antara Matahari ke Planet Jupiter adalah 778,3 juta km dan mempunyai cincin yang terbentuk dari partikel hidrogen dan helium.

6. SATURNUS
Planet Saturnus merupakan planet yang memiliki bentuk cincin yang terdiri dari unsur kandungan hidrogen, helium dan bongkahan es meteorit dengan suhu normal minus 140 derajat celcius.

Planet Saturnus sampai saat ini diketahui memiliki 200 satelit yang telah diamati dan yang bisa dikatakan aman ada 61 satelit yang berada dalam lintasannya.

Waktu yang dibutuhkan planet saturnus untuk berotasi selama 10 jam 40 menit dan waktu untuk berevolusi selama 29 tahun sekali.

Jarak antara matahari ke planet saturnus sekitar 1433,5 juta km dan merupakan planet diurutan ke enam terjauh dari matahari.

7. URANUS
Planet Uranus merupakan planet yang memiliki atmosfer terdingin dalam tatasurya yang mencapai suhu minus 140 derajat celcius dengan kandungannya yang berasal dari hidrogen, helium dan metana, namun dipermukaannya lebih banyak terdapat unsur es yaitu air, metana, amonia dan sisa hidrokarbon.

Waktu yang dibutuhkan planet uranus untuk berotasi yaitu 17 jam  dan waktu untuk berevolusi selama 84 tahun sekali. Planet Uranus memiliki sekitar 27 satelit dan memiliki cincin.

Jarak antara matahari ke planet uranus sekitar 2,871 juta km dan Saat musim datang, Matahari akan menyinari uranus selama 20 tahun sekali

8. NEPTUNUS
Planet Neptunus merupakan planet yang sama seperti planet uranus memiliki atmosfer es yang sangat dingin dengan suhu mencapai minus 223 derajat celcius, berasal dari unsur amonia, air, amonium hidrosulfida, metana, hidrogen dan helium.

Waktu yang dibutuhkan planet neptunus untuk dapat berotasi selama 16 jam dan waktu yang dibutuhkan untuk berevolusi selama 164 tahun sekali.

Jarak antara matahari ke planet neptunus sekitar 108,2 juta km dan sebagai tambahan kalau planet neptunus tidak memiliki satelit dan cincin karena planet ini tertutupi oleh lapisan es yang sangat tebal.

9. PLUTO
Planet Pluto merupakan planet yang terbentuk dari unsur nitrogen, metana dan karbon monoksida. Planet Pluto sering disebut sebagai planet katai, planet katai merupakan planet kurcaci atau benda langit yang ada ditata surya yang mempunyai gravitasi sendiri dan mengelilingi matahari.

Planet pluto memiliki suhu normal yang sangat dingin yaitu minus 223 derajat celcius dan jarak matahari ke planet pluto sekitar 5.900 juta km.

Banyak ilmuwan yang beranggapan bahwa planet Pluto bukanlah sebuah planet karena ciri-ciri dan karakteristiknya tidak mencerminkan seperti sebuah planet, namun sampai sekarang bukti dan referensi yang menunjukan pluto bukanlah sebuah planet masih belum jelas.

Apakah planet ditata surya ada 8 atau 9? Hal ini masih menjadi perbincangan sampai saat ini, namun yang paling penting yaitu kita bisa belajar dan mengetahui planet-planet apa saja yang ada disistem tata surya.

Perkembangan pengetahuan akan semakin bertambah, bukan tidak mungkin kedepannya masih ada banyak planet lain yang belum diketahui oleh manusia.


CIRI-CIRI PLANET DALAM DAN PLANET LUAR DALAM TATA SURYA

Ciri-Ciri dari Planet Dalam:
a. Terdapat permukaan yang padat.
b. Terbentuk dari batu-batuan dan logam.
c. Tidak terdapat cincin
d. Terdapat satelit dengan jumlah sedikit.

Ciri-Ciri dari Planet Luar:
a. Terdapat Cincin
b. Mempunyai atmosfer yang tebal
c. Terbentuk dari helium dan hidrogen
d. Terdapat satelit dengan jumlah yang banyak

Planet Dalam terdiri atas Merkurius, Mars, Venus dan Bumi, sedangkan Planet Luar terdiri atas Neptunus, Uranus, Yupiter, Saturnus.


9 Nama Planet Tata Surya Dan Di Dunia
 Planet Bumi
Gambar: www.pixabay.com


Semoga Bermanfaat....
Thanks for reading NAMA PLANET TATA SURYA DAN DI DUNIA

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment