Home » » MAKNA PANCASILA, ISI DAN BUTIR DASAR NEGARA

MAKNA PANCASILA, ISI DAN BUTIR DASAR NEGARA

MAKNA PANCASILA
Pancasila memiliki Makna sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa:

A. Pancasila Sebagai Dasar Negara
Tidak bisa dibayangkan apa yang terjadi jika sebuah negara tidak memiliki dasar negara pasti akan berakhir dengan perpecahan karena tidak mempunyai dasar negara yang jelas.

Dasar negara merupakan akar atau fondasi yang dapat memperkuat sebuah negara sehingga tidak mudah mendapatkan hasutan dari negara lain.

Sehingga dapat disimpulkan, pancasila sebagai dasar negara merupakan pemersatu berbagai agama, ras, suku dan golongan untuk mencapai tujuan yang lebih baik kedepannya.


B. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa
Apa jadinya jika sebuah negara yang masyarakatnya memiliki pandangan hidup yang salah, mungkin akan berdampak kurang baik yang bersumber dari nilai religius dan budaya yang diyakini masyarakat sebagai sebuah petunjuk yang harus diselesaikan secepatnya sehingga tidak lagi menimbulkan pertikaian.

Setiap negara harus memiliki pandangan hidup yang jelas sehingga mempunyai pegangan dan pedoman dalam memecahkan berbagai masalah dan bisa menjadi sumber motivasi yang ada dimasyarakat.


ISI PANCASILA:
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusian Yang Adil Dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Permusyawaratan Dan Perwakilan
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Tanggal 1 JUNI diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila sehingga tanggal tersebut juga, pemerintah menetapkan sebagai hari libur nasional, hal ini ditunjukan agar masyarakat lebih dekat lagi dengan Pancasila dan bisa menjadikan Pancasila sebagai pedoman dan pentunjuk hidup, baik dalam berkeluarga maupun bermasyarakat.

BUTIR-BUTIR PANCASILA
Butir-Butir Pancasila versi pertama terdapat dalam Ketetapan MPR No.II/MPR/1978 yang disebut Eka Prasetia Pancakarsa yang berisi 36 Butir kemudian dicabut oleh MPR ditahun 2003, kemudian menggantinya dengan Tap MPR No.I/MPR/2003 yang berisi 45 Butir Pengamalan Pancasila mengenai pedoman dan pegangan yang mewakili identitas bangsa & nilai-nilai luhur agar kita bisa menghayati makna pancasila yang sesungguhnya.

Setiap butiran yang ada sebisa mungkin kita dapat menghafalkan sekaligus memahaminya sehingga suatu saat dapat memberikan hasil bermanfaat dikemudian hari nantinya.


Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta yang terdiri dari 2 kata yaitu Panca berarti lima dan Sila berarti asas atau prinsip. Dengan demikian, Pancasila merupakan Lima Asas atau Lima Prinsip yang harus diteladani oleh setiap masyarakat.

Pancasila pertama kali dibacakan oleh Ir. Soekarno saat pembacaan teks UUD 1945 yang memuat rumusan pancasila di alinea ke-4 pada tanggal 17 Agustus 1945.

Pancasila telah mengalami 5 kali pergantian rumusan yaitu ditahun:
1. 22 Juni 1945
2. 18 Agustus 1945
3. 27 Desember 1949
4. 15 Agustus 1950
5. 5 Juli 1959



Makna Pancasila, Isi Dan Butir Dasar Negara
Simbol Pancasila
Gambar: www.pixabay.com


Semoga Bermanfaat....
Thanks for reading MAKNA PANCASILA, ISI DAN BUTIR DASAR NEGARA

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment