Home » » MANFAAT GERAKAN YOGA BAGI PEMULA

MANFAAT GERAKAN YOGA BAGI PEMULA

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat digemari dan populer di kalangan masyarakat saat ini karena memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Dulunya olahraga yoga digunakan untuk menangani masalah penyakit dan media pengobatan, semakin berjalannya waktu olahraga ini dapat ditemukan dibeberapa tempat kebugaran atau fitnes yang banyak diminati oleh sebagian wanita yang menginginkan tubuhnya agar tetap langsing dengan melakukan gerakan yoga secara rutin.

Yoga sudah dikenal selama 5000 tahun lalu dan memiliki arti penyatuan dengan sang pencipta, yang berasal dari ajaran Hindu dalam setiap gerakannya seseorang harus memusatkan seluruh pikiran pada aktivitas meditasi sehingga menghasilkan sebuah keseimbangan dan ia dapat mengendalikan emosi menjadi sesuatu yang positif.

Dalam melakukan gerakan yoga secara rutin dibutuhkan semangat dan mood yang baik, sehingga tubuh mendapatkan hasil yang baik juga.

Jangan jadikan olahraga yoga ini sebagai sesuatu yang sedang trend saja, saya yakin setelah beberapa minggu setelah itu kalian pasti akan malas melakukan gerakan ini.

Jadikan gerakan yoga sebagai sahabat kalian, selanjutnya kalian pasti bisa melakukan gerakan ini secara rutin.


Manfaat Melakukan Gerakan Yoga Bagi Tubuh :
1. Menenangkan Pikiran Akibat Stres 
Dengan rutin melakukan gerakan yoga, stres yang biasa kalian dapatkan dalam lingkungan pekerjaan dan sehari-hari pasti bisa berkurang.

Seseorang yang sedang mengalami stres biasanya disebabkan akibat tekanan dan sistem pernapasan yang terganggu sehingga asupan oksigen dalam darah menjadi terhambat, oleh sebab itu pastinya ia sangat membutuhkan sebuah olahraga yang dapat mengatasi masalahnya ini yaitu yoga.

2. Mengatur Pernapasan Agar Lebih Baik
Seperti yang telah dijelaskan bahwa pernapasan adalah hal yang sangat penting. Kita tidak bisa bekerja dan beraktivitas setiap hari kalau tanpa bernapas.

Buat kalian yang mendapatkan masalah pernapasan ada baiknya segera memperiksakan ke dokter dan di imbangi dengan melakukan gerakan olahraga setiap hari.

3. Menghilangkan Rasa Nyeri Yang Timbul Secara Tiba-Tiba
Rasa nyeri yang timbul secara tiba-tiba biasanya akan menimbulkan masalah kesehatan seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan kurang berolahraga. Masalah kesehatan ini sangat mempengaruhi seseorang memicu terjadinya penyakit.  

4. Memperkuat Tulang
Seseorang yang rajin berolahraga dapat membantu memperkuat tulangnya sampai menginjak usia lansia.

Saat ini telah banyak lansia yang menderita osteoporosis rajin mengikuti olahraga yoga, hal dikarenakan olahraga yoga memiliki gerakan-gerakan yang sangat cocok dengan semua umur dalam memperkuat kekuatan tulang.

5. Menurunkan Berat Badan
Seseorang yang memiliki berat badan lebih sangat mempengaruhi menimbulkan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung dan kanker yang dapat menyebabkan kematian.

Bagi beberapa orang yang mengalami masalah berat badan dan ingin menurunkan lemaknya, sangat direkomendasi untuk bisa melakukan gerakan yoga untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan berat badan ideal.


Gerakan-Gerakan Yoga Yang Bisa Kalian Praktekan Dirumah:
1. Gerakan Tadasana
Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara berdiri, kemudian melakukan jinjit dan angkat kedua tangan kalian keatas sambil menarik nafas secara perlahan, lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali sehari untuk membantu posisi tubuh agar tetap tegak dan melancarkan sirkulasi peredaran darah. 
 Tadasana
Gambar: www.eyogaguru.com


2. Gerakan Pavanamuktasana
Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara tiduran diatas kasur, angkat kepala kemudian cium lututmu sambil menghembuskan napas perlahan tahan selama 30 detik kemudian kembali ke gerakan semula, lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dalam sehari untuk mengecilkan perut sehingga semakin terlihat ideal.

Payanamuktasana
Gambar: www.worldpeaceyogaschool.com


3. Gerakan Bhujangasana
Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara tiduran dan posisi wajah menghadap ke bawah, kaki diluruskan sambil menghembuskan napas secara perlahan, kemudian angkat badan ke arah belakang dengan bantuan kedua tangan dan tahan selama 1 menit kemudian kembali ke gerakan normal, lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dalam sehari untuk mengatasi masalah sakit pinggang akibat rasa nyeri yang timbul secara tiba-tiba.
 Bhujangasana
Gambar: www.eyogaguru.com

4. Gerakan Chaturanga 
Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara mengambil posisi push up, hembuskan napas perlahan dan turunkan dada ke arah bawah, tapi jangan sampai menyentuh lantai dan akan terasa otot perut terasa sedikit menegang tahan selama 1 menit kemudian kembali ke gerakan semula, lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dalam sehari untuk memperkuat otot dan bagian perut.

Chaturanga
Gambat: www.yogajournal.com

5. Gerakan Uttanpadasana
Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara berbaring dengan posisi wajah menghadap ke atas, angkat kedua kaki lurus keatas tahan selama 1 menit dan hembuskan napas perlahan kemudian turunkan kaki kembali ke posisi semula, lakukan gerakan ini selama 10 kali dalam sehari untuk memperkuat tulang dan otot kaki dengan baik.

Uttanpadasana
Gambar: www.theayurveda.org


Semoga bermanfaat dan Sampai jumpa dipostingan selanjutnya...






Thanks for reading MANFAAT GERAKAN YOGA BAGI PEMULA

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »