Home » » MANFAAT GERAKAN YOGA BAGI PEMULA

MANFAAT GERAKAN YOGA BAGI PEMULA

Manfaat Gerakan Yoga Bagi Kesehatan Tubuh :
1. Menenangkan Pikiran Akibat Stres
2. Mengatur Pernapasan Agar Lebih Baik
3. Menghilangkan Rasa Nyeri Yang Timbul Secara Tiba-Tiba
4. Memperkuat Tulang
5. Menurunkan Berat Badan


Gerakan-Gerakan Yoga Yang Bisa Kalian Praktekan Dirumah:
1. Gerakan Tadasana
Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara berdiri, kemudian melakukan jinjit dan angkat kedua tangan kalian keatas sambil menarik nafas secara perlahan, lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali sehari untuk membantu posisi tubuh agar tetap tegak dan melancarkan sirkulasi peredaran darah. 
 Tadasana
Gambar: www.eyogaguru.com


2. Gerakan Pavanamuktasana
Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara tiduran diatas kasur, angkat kepala kemudian cium lututmu sambil menghembuskan napas perlahan tahan selama 30 detik kemudian kembali ke gerakan semula, lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dalam sehari untuk mengecilkan perut sehingga semakin terlihat ideal.

Payanamuktasana
Gambar: www.worldpeaceyogaschool.com


3. Gerakan Bhujangasana
Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara tiduran dan posisi wajah menghadap ke bawah, kaki diluruskan sambil menghembuskan napas secara perlahan, kemudian angkat badan ke arah belakang dengan bantuan kedua tangan dan tahan selama 1 menit kemudian kembali ke gerakan normal, lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dalam sehari untuk mengatasi masalah sakit pinggang akibat rasa nyeri yang timbul secara tiba-tiba.
 Bhujangasana
Gambar: www.eyogaguru.com

4. Gerakan Chaturanga 
Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara mengambil posisi push up, hembuskan napas perlahan dan turunkan dada ke arah bawah, tapi jangan sampai menyentuh lantai dan akan terasa otot perut terasa sedikit menegang tahan selama 1 menit kemudian kembali ke gerakan semula, lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dalam sehari untuk memperkuat otot dan bagian perut.

Chaturanga
Gambat: www.yogajournal.com

5. Gerakan Uttanpadasana
Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara berbaring dengan posisi wajah menghadap ke atas, angkat kedua kaki lurus keatas tahan selama 1 menit dan hembuskan napas perlahan kemudian turunkan kaki kembali ke posisi semula, lakukan gerakan ini selama 10 kali dalam sehari untuk memperkuat tulang dan otot kaki dengan baik.

Uttanpadasana
Gambar: www.theayurveda.org



Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat digemari dan populer di kalangan masyarakat saat ini karena memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Dulunya olahraga yoga digunakan untuk menangani masalah penyakit dan media pengobatan, semakin berjalannya waktu olahraga ini dapat ditemukan dibeberapa tempat kebugaran atau fitnes yang banyak diminati oleh sebagian wanita yang menginginkan tubuhnya agar tetap langsing dengan melakukan gerakan yoga secara rutin.

Yoga sudah dikenal selama 5000 tahun lalu dan memiliki arti penyatuan dengan sang pencipta, yang berasal dari ajaran Hindu dalam setiap gerakannya seseorang harus memusatkan seluruh pikiran pada aktivitas meditasi sehingga menghasilkan sebuah keseimbangan dan ia dapat mengendalikan emosi menjadi sesuatu yang positif.

Dalam melakukan gerakan yoga secara rutin dibutuhkan semangat dan mood yang baik, sehingga tubuh mendapatkan hasil yang baik juga. Jangan jadikan olahraga yoga ini sebagai sesuatu yang sedang trend saja, saya yakin setelah beberapa minggu setelah itu kalian pasti akan malas melakukan gerakan ini. Jadikan gerakan yoga sebagai sahabat kalian, selanjutnya kalian pasti bisa melakukan gerakan ini secara rutin.



Semoga Bermanfaat...
Thanks for reading MANFAAT GERAKAN YOGA BAGI PEMULA

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »