Home » » MENCEGAH KANKER DAN MENGOBATI

MENCEGAH KANKER DAN MENGOBATI

Penyakit Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya dan sangat ditakuti karena dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya di seluruh dunia.

Dalam beberapa kasus, penyakit kanker sering menyerang pada usia dewasa dan anak-anak tanpa belas kasihan sehingga menyebabkan kerugian dan kehilangan bagi orang yang kita cintai.

Bagi seseorang yang terkena penyakit kanker tentunya harus menyiapkan biaya yang lebih dalam masa pengobatan agar perkembangan sel kanker dalam tubuh dapat diobati dan bagi keluarga juga harus siap merelakan akan setiap resiko yang terjadi dikemudian hari.

Penyakit kanker dapat menyerang organ tubuh yang memiliki sistem kekebalan menurun, sehingga menyebabkan beberapa jenis kanker yaitu kanker otak, kanker mata, kanker darah, kanker jantung, kanker hati, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim, kanker serviks, kanker ovarium dan kanker lambung.

Jenis penyakit kanker ini disebabkan karena adanya pertumbuhan sel yang tidak normal kemudian dibiarkan berkembang dan lama kelamaan semakin bertambah banyak dan akhirnya organ dalam tubuh menjadi rusak dan tidak dapat bekerja dengan baik.

Mencegah Kanker Dan Mengobati
Cegah Penyakit Kanker
Gambar: www.pixabay.com


Penyebab Penyakit Kanker:
Penyebab penyakit kanker biasanya dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu Genetik/Keturunan, Lingkungan dan Gaya Hidup. Faktor ini sangat mempengaruhi terjadinya penyakit kanker dalam tubuh.
1. Genetik/Keturunan
Penyakit kanker dapat disebabkan oleh faktor genetik dari orang tua. Bila orang tuanya pernah mengalami penyakit kanker, anaknya juga akan beresiko terkena penyakit kanker saat sistem kekebalan tubuhnya sedang menurun.

Namun selalu diingat penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah selama sel kankernya belum mengakibatkan kerusakan yang parah dalam tubuh. 

2. Lingkungan
Penyakit kanker dapat disebabkan oleh faktor lingkungan sekitar. Seseorang yang berada dalam lingkungan yang tidak sehat dan bersih juga sangat beresiko terkena penyakit kanker yaitu:

a. Virus dan Bakteri
Lingkungan yang tidak bersih pastinya sangat tidak baik bagi kesehatan karena terdapat virus dan bakteri didalamnya. Virus dan bakteri juga dapat menyebabkan penyakit kanker seperti kanker kulit dan kanker serviks. 

b. Radikal Bebas
Lingkungan yang terdapat radikal bebas juga sangat tidak baik karena akan menyebabkan penyakit kanker kulit. Kanker yang terjadi dipermukaan kulit.

Biasanya di sebabkan karena kulit terlalu sering terpapar polusi yang mengandung radikal bebas berbahaya yang dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan kalau dibiarkan dapat menyebabkan penyakit kanker kulit.

c. Sinar Matahari dan Radiasi
Sinar Matahari dan Radiasi juga dapat menyebabkan penyakit kanker. Penyakit kanker yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan radiasi yang terlalu lama juga dapat menyebabkan penyakit kanker pada bagian kulit sehingga dikenal dengan Kanker kulit.

3. Gaya Hidup/Lifestyle

a. Makanan
Penyakit kanker biasanya dapat menyerang pada beberapa orang yang memiliki gaya hidup tinggi seperti tidak memiliki waktu untuk memasak sarapan dan makan siang, akhirnya mengharuskan mengkonsumsi jenis makanan cepat saji supaya memudahkannya mendapatkan energi dan nutrisi.

Gaya hidup seperti ini memang dibilang sangat praktis, tapi kalau dibiarkan berlama-lama akan sangat tidak sehat.

Tubuh juga memerlukan sumber makanan alami yang dimasak secara sehat tanpa tambahan produk pengawet, telah banyak penelitian yang menyimpulkan kalau terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Disaat ini kita mungkin tidak bisa lari dari bahan makanan yang berpengawet, tapi kita bisa mencoba mengurangi mengkonsumsinya dengan mengganti dengan bahan makanan yang berasal dari sumber alami buah-buahan yang dapat dimakan secara segar dan dalam keadaan bersih.

b. Merokok
Merokok merupakan salah satu penyebab utama dapat terkena penyakit kanker. Satu batang rokok mengandung 7000 lebih zat kimia berbahaya yang berasal dari asap rokok yang dapat memicu perkembangan sel kanker lebih banyak dalam tubuh sehingga sangat cepat menyebabkan kematian.

Bagi kalian yang tidak merokok tapi sering menghirup asap rokok juga sangat rentan menyebabkan penyakit kanker yang diakibatkan oleh asap rokok.

c. Kurang Berolahraga
Tubuh yang kurang berolahraga juga sangat mudah terkena penyakit kanker karena menyebabkan timbunan lemak berlebih yang mengandung kolesterol jahat sehingga memicu pertumbuhan sel kanker yang dapat merusak organ tubuh.


Gejala-Gejala Penyakit Kanker Yang Harus Diwaspadai:
1. Berat badan turun secara drastis
2. Timbul rasa nyeri secara tiba-tiba
3. Menderita demam dalam jangka waktu yang lama
4. Cepat lelah
5. Buang air berdarah
6. Adanya pembengkakan pada permukaan kulit
7. Kulit terlihat lebih pucat
Inilah beberapa tanda dari gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit kanker yang harus diwaspadai, untuk lebih jelasnya kalian bisa langsung memperiksakan diri dan berkonsultasi ke dokter spesialis kanker agar mendapatkan informasi yang lebih terperinci.


Pencegahan Penyakit Kanker:
1. Rutinlah memperiksakan kesehatan ke dokter agar mendapatkan informasi yang akurat.
2. Rajin Berolahraga Seminggu 3 kali sehari.
3. Hindari Kebiasaan Merokok dan Asap Rokok
4. Mengkonsumsi Makanan Sehat Alami dan Bernutrisi
5. Mengkonsumsi Air Putih Secukupnya
6. Kurangi Minuman Beralkohol
7. Hindari Makanan Berlemak
8. Hindari Berat Badan Berlebih
9. Hindari Sinar Matahari Berlebih
10. Selalu Menjaga Kebersihan Lingkungan
11. Istirahat Yang Cukup Setiap Hari


Pengobatan Penyakit Kanker:
Untuk mengobati penyakit kanker dapat melalui beberapa cara yaitu Operasi, Kemoterapi, Radioterapi dan Imunoterapi.

a. Operasi
Penyembuhan penyakit kanker melalui Operasi merupakan proses pengangkatan sel kanker melalui pembedahan agar dapat memperhambat penyebaran sel kanker dalam organ tubuh.

b. Kemoterapi
Penyembuhan penyakit kanker melalui Kemoterapi merupakan jenis pengobatan penyakit kanker yang menggunakan bahan kimia sehingga menyebabkan sel kanker dapat mati dengan mudah.

c. Radioterapi
Penyembuhan penyakit kanker melalui Radioterapi merupakan jenis pengobatan penyakit kanker melalui sinar-x dan sinar gamma untuk menghancurkan sel kanker agar tidak membentuk sel-sel kanker yang baru.

d. Imunoterapi
Penyembuhan penyakit kanker melalui Imunoterapi merupakan jenis pengobatan yang dilakukan dengan cara menyuntikan obat untuk meningkatkan sistem kekebalan agar dapat dengan mudah melawan sel kanker dalam tubuh.


Semoga bermanfaat dan Sampai jumpa dipostingan selanjutnya...


Thanks for reading MENCEGAH KANKER DAN MENGOBATI

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment