Home » » MENCEGAH KANKER SERVIKS DAN MENGOBATI - HUMAN PAPILLOMAVIRUS

MENCEGAH KANKER SERVIKS DAN MENGOBATI - HUMAN PAPILLOMAVIRUS

Kanker Serviks merupakan salah satu penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh Human papillomavirus atau HPV merupakan jenis virus yang dapat menyerang leher rahim wanita lewat hubungan seksual.

Human papillomavirus juga dapat menimbulkan gejala yaitu tumbuhnya kutil pada bagian kaki dan tangan dengan warna yang sama seperti kulit yang sering disebabkan akibat daya tahan tubuh sedang menurun.

Virus Human papilloma biasanya hidup pada sel-sel kulit aktif dan cara penularannya lewat kontak langsung dengan penderita seperti hubungan seks dan bergonta-ganti pasangan atau dengan benda-benda yang telah terkontaminasi seperti meminjam handuk dan pakaian yang sering dipakai penderita.

Perlu diketahui bahwa virus human papilloma ini juga dapat menyerang anak-anak yang sedang memiliki daya tahan tubuh menurun dan senang bermain ditempat kotor, sangat dianjurkan agar orang tua dapat melakukan pengawasan yang lebih bagi tempat bermain anak.

Penyakit kanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat sulit dideteksi kapan akan terjadi, saat seseorang diketahui mengidap penyakit ini ketika telah berada dalam stadium lanjut dan perkembangan virusnya sudah tidak terkontrol.

Namun tidak menutup kemungkinan saat penderita kanker serviks dapat selamat dari penyakitnya saat ia memiliki kemauan dan semangat yang tinggi untuk mendapatkan kesembuhan.


Mencegah Kanker Serviks Dan Mengobati Human Papillomavirus
Cegah Penyakit Kanker Serviks
Gambar: www.pixabay.com


Selain Human papillomavirus, ada beberapa penyebab yang dapat memicu terjadinya penyakit kanker serviks pada wanita, yaitu:

1. Umur
Umur sangat mempengaruhi terjadinya kanker serviks pada wanita, ini dikarenakan seorang wanita yang melakukan hubungan seksual diusia muda memiliki kondisi yang belum stabil sehingga sering mengakibatkan rasa sakit pada organ kewanitaan dan hal ini kalau dibiarkan dapat memicu terjadinya kanker serviks.

2. Merokok
Rokok dapat memicu terjadinya kanker serviks, hal ini dikarenakan kandungan berbahaya yang terdapat dalam senyawa rokok dapat mengkontaminasi bagian leher rahim wanita sehingga menyebabkan penyakit kanker serviks.

3. Celana Dalam
Celana dalam yang tidak pernah diganti dapat menyebabkan penyakit kanker serviks, dikarenakan mengandung bakteri dan virus yang berasal dari keringat atau cairan lendir organ kewanitaan yang kalau dibiarkan dapat memicu terjadinya penyakit kanker serviks.

4. Kondom
Kondom yang tidak steril dan bersih dapat menyebabkan kanker serviks, dikarenakan penggunaan kondom yang berulang-ulang saat melakukan hubungan seks juga sangat tidak dianjurkan. 

5. Luka
Kulit yang terluka juga dapat menyebabkan kanker serviks, saat terjadi luka bagian kulit dalam akan terbuka sehingga sangat mudah terkontaminasi dengan virus yang dapat menyebabkan penyakit kanker serviks.


Gejala-Gejala Penyakit Kanker Serviks:
1. Adanya pendarahan pada vagina secara tidak normal.
2. Keluarnya cairan lendir dengan bau yang aneh
3. Adanya rasa sakit pada bagian perut dan saat melakukan hubungan seksual.
4. Penurunan berat badan yang tidak normal
5. Timbul rasa nyeri pada bagian tulang, punggung dan pinggang


Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Kanker Serviks:
1. Meningkatkan Gaya Hidup Sehat
Hidup sehat merupakan langkah awal dalam pencegahan penyakit kanker serviks. Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi yang mengandung vitamin dan antioksidan tinggi dapat membantu menekan pertumbuhan sel kanker yang menyebabkan penyakit kanker serviks.

Selain itu juga dapat melindungi dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak gampang terinfeksi virus human papilloma.

2. Menjaga Kebersihan Lingkungan
Lingkungan yang bersih merupakan faktor utama dalam pencegahan penyakit kanker serviks. Virus HPV sangat mudah berkembang pada tempat-tempat yang tidak steril.

Agar virus ini tidak menyebar maka sangat dianjurkan agar selalu menjaga kebersihan lingkungan yang ditinggali agar terbebas dari bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit.

3. Setia Pada Satu Pasangan
Penyakit kanker serviks disebabkan akibat hubungan seks yang dilakukan lebih dari satu pasangan. Hubungan seks seperti ini sangat tidak baik karena akan memicu perkembangan sel penyakit serviks yang semakin berbahaya.

Dianjurkan agar setialah pada satu pasangan, agar tidak menimbulkan berbagai penyakit mematikan lainnya.

4. Rutin Berolahraga
Dengan rajin berolahraga, kita akan membantu tubuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Buat kalian yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga, mulai sekarang selalu siapkan waktu untuk berolahraga agar tubuh mendapatkan stamina yang baik dan penyakit kronik yang berbahaya dapat cegah dengan baik.

5. Memperiksakan Diri Kedokter Melalui Pengobatan Pap smear, Penyuntikan Vaksin HPV, Radioterapi dan Operasi pengangkatan rahim.

a. Pengobatan Pap Smear
Pengobatan Pap smear merupakan jenis pengobatan menggunakan alat skrining untuk mendeteksi dan mencegah sel kanker serviks agar tidak menyebar luas ke bagian organ lainnya. Sebelum pemeriksaan sangat tidak dianjurkan untuk melakukan hubungan seks.

b. Penyuntikan Vaksin HPV
Pemberian vaksin HPV dapat diberikan pada anak perempuan usia dini diumur 10-12 tahun agar dapat meningkatkan sistem kekebalan dan daya tahan tubuh anak dalam mencegah terinfeksinya virus Human papilloma yang suatu waktu dapat menyerang kesehatannya.

c. Radioterapi
Pengobatan menggunakan radioterapi dapat dilakukan dengan cara menembakan sinar menggunakan mesin radioterapi pada sel kanker serviks agar dapat dimatikan.

d. Operasi Pengangkatan Rahim
Operasi pengangkatan rahim ini dilakukan ketika telah berada dalam stadium lanjut karena organ rahim telah sepenuhnya terinfeksi oleh sel kanker serviks sehingga harus diangkat secepatnya agar tidak membahayakan organ lain dalam tubuh.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa langsung berkonsultasi dengan dokter yang memang ahli dalam menangani penyakit kanker serviks.


Semoga bermanfaat dan Sampai jumpa dipostingan selanjutnya...




Thanks for reading MENCEGAH KANKER SERVIKS DAN MENGOBATI - HUMAN PAPILLOMAVIRUS

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment