Home » » KURANGI MAKAN 6 BUAH INI BAGI PENDERITA DIABETES

KURANGI MAKAN 6 BUAH INI BAGI PENDERITA DIABETES

Dibawah ini ada beberapa macam buah-buahan yang bisa dikurangi pengkonsumsiaanya bagi penderita diabetes agar gula darah dapat terkontrol dengan baik.


6 Buah Yang Bisa Dikurangi Untuk Pengkonsumsian Bagi Penderita Diabetes:

1. Buah Mangga
Buah mangga memiliki kandungan gula alami sebanyak 14 gram. Kandungan glukosa yang berasal dari buah mangga jangan dianggap remeh bagi penderita diabetes, kalian bisa mengkonsumsinya tapi dalam takaran yang secukupnya yaitu 1 sedang buah mangga saja.

Buah mangga memiliki rasa manis alami sehingga membuat beberapa orang sangat ingin memakannya sebagai hidangan pencuci mulut yang banyak diminati.

2. Buah Durian
Buah Durian memiliki kandungan gula alami sangat tinggi yang terdiri dari sukrosa, fruktosa dan glukosa. Oleh sebab itu bagi penderita diabetes sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya.

Buah durian juga memiliki kandungan gas yang dapat menyebabkan kadar gula darah menjadi naik dan tidak terkontrol sehingga malah membuat penyakit diabetes sulit untuk diobati.

3. Buah Anggur
Buah Anggur memiliki kandungan gula alami sebanyak 16 gram. Buah anggur di Indonesia dikenal ada beberapa jenis seperti buah anggur hitam, anggur merah dan anggur hijau yang memiliki cita rasa yang beranekaragam.

Bagi penderita diabetes bisa mengkonsumsi buah anggur ini secukupnya saja yaitu sebanyak 5-6 biji per hari, tapi jangan berlebihan nantinya kadar gula darah dalam tubuh dapat meningkat.

4. Buah Apel
Buah Apel memiliki kandungan gula alami sebanyak 10 gram. Buah apel bisa dikatakan salah satu buah yang sangat diminati karena memiliki kandungan vitamin A dan serat alami yang dibutuhkan tubuh.

Tapi dibalik manfaatnya ternyata buah apel harus diwaspadai bagi penderita diabetes agar jangan terlalu banyak mengkonsumsinya. Kebutuhan buah apel yang bisa dikonsumsi dalam sehari yaitu sebanyak 1 sedang saja buah apelnya agar dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi untuk tubuh.

5. Buah Nanas
Buah Nanas mempunyai kandungan gula alami sebanyak 9 gram. Buah nanas memiliki rasa yang sedikit asam tapi jangan salah kalau buah nanas juga ternyata memiliki kandungan gula alami.

Bagi penikmat buah nanas yang mengalami masalah diabetes ada baiknya untuk bisa mengurangi mengkonsumsi buah ini secara berlebihan, takaran yang bisa dianjurkan yaitu untuk wanita sekitar 75 miligram dan pria 90 miligram saja untuk mencukupi kebutuhan gizi yang terkandung dalam buah nanas ini.

6. Buah Stroberi
Buah Stroberi memiliki kandungan gula alami sebanyak 4 gram. Buah stroberi mengandung vitamin C dan rasanya yang sedikit asam yang menjadi salah satu ciri khas dari buah ini.

Bagi penikmat buah stroberi yang mengalami masalah diabetes agar bisa mengurangi mengkonsumsi buah stroberi dalam jumlah yang berlebih. Untuk takaran yang bisa kalian konsumsi dalam sehari yaitu sekitar 2-4 biji untuk mencukupi kebutuhan gizi yang terkandung dalam buah stroberi.


Bagi kalian yang belum mengalami masalah diabetes, ada baiknya konsumsilah beberapa bahan makanan yang mengandung bahan pemanis alami, bila dirumah sudah terbiasa mengkonsumsi makanan yang agak sedikit manis bisa mencoba menggantinya dari bahan pemanis buatan dengan bahan pemanis alami seperti madu dan buah-buahan yang sangat menyehatkan.


Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena adanya kadar gula darah yang tidak terkontrol. Gula darah yang tidak terkontrol berasal dari gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang terlalu banyak mengandung bahan pemanis, mengalami obesitas, kurang berolahraga dan sering merokok.

Tapi adakalanya sebagian orang menganggap bahwa mengkonsumsi bahan alami yang berasal dari buah-buahan secara berlebihan tidak masalah, nah inilah maksud dari topik pembahasan artikel ini bahwa konsumsilah makanan secukupnya saja.

Buah-buahan memang memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh, tapi kalau kita terlalu banyak mengkonsumsi buah-buahan ini juga akan tidak baik. Misalnya salah satu contoh buah yaitu buah jeruk. Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan.

Tapi bila terlalu banyak mengkonsumsi buah jeruk diatas takaran yang telah ditetapkan, kerugiannya tubuh akan mengalami masalah gangguan pencernaan seperti menderita BAB yang tidak terkontrol.


Kurangi Makan 6 Buah Ini Bagi Penderita Diabetes
Masalah Diabetes
Gambar: www.pixabay.com




Semoga Bermanfaat...
Thanks for reading KURANGI MAKAN 6 BUAH INI BAGI PENDERITA DIABETES

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment