Home » » TIPS MENGHILANGKAN PANAS DEMAM ANAK DENGAN CEPAT SAMPAI SEMBUH

TIPS MENGHILANGKAN PANAS DEMAM ANAK DENGAN CEPAT SAMPAI SEMBUH

Demam biasanya terjadi pada anak secara tiba-tiba yang berasal berbagai macam penyebab tanpa tahu kapan akan terjadi sehingga membuat orang tua sering cemas dan panik saat anak kesayangannya mengalami demam.

Saat anak terkena demam biasanya akan menyebabkan dia menjadi rewel dan membuat orang tuanya menjadi tidak nyaman untuk bekerja sehingga harus menyiapkan waktu yang lebih bagi anak.

Tentunya anak akan merasa nyaman bila sedang mengalami demam ketika dirawat oleh orang tuanya dengan penuh kesabaran sehingga menimbulkan sebuah ikatan emosional bagi keduannya yang berefek bagi kesehatan anak.

Gejala-gejala yang ditimbulkan saat seorang anak mengalami demam yang harus diwaspadai yaitu :
1. Anak Mengalami Suhu Tubuh Panas yaitu diatas 37,5 derajat Celcius
2. Tubuh Anak Berkeringat.
3. Gemetaran Secara Tiba-Tiba
4. Hilang Nafsu Makan
5. Saki Kepala
6. Tubuh Lemas
7. Wajah Terlihat Pucat
8. Mengalami Muntah Dan Diare

Tips Menghilangkan Panas Demam Anak Dengan Cepat Sampai Sembuh
Demam Pada Anak
 Gambar: www.pixabay.com


Bila anak mengalami beberapa gejala ini, ada baiknya langsung dibawa ke dokter anak agar mendapatkan penanganan yang tepat sehingga kondisi anak dapat kembali pulih dengan baik.

Beberapa gejala yang harus diwaspadai bila suhu tubuh anak telah mencapai 38 derajat celcius dan tubuh anak secara tiba-tiba mengalami gemetaran atau kejang-kejang, hal ini harus segera mendapat penanganan dokter agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Penyebab Anak Mengalami Demam Dapat Disebabkan Oleh Beberapa Faktor yaitu:
1. Infeksi Bakteri Dan Virus Lewat Kulit, Saluran Pernapasan dan Mulut
2. Anak Mengalami Demam Berdarah atau Malaria
3. Anak Mengalami Cacar Air
4. Anak Mengalami Infeksi Saluran Kemih
5. Anak Mengalami Meningitis
6. Anak Mengalami Alergi Makanan

Untuk memastikan informasi yang tepat penyebab anak mengalami demam, bisa didapatkan lewat jalur medis yaitu memperiksakan anak ke dokter agar mendapat informasi yang terpercaya dan akurat.


Cara Penyembuhan:
Cara penyembuhan anak yang mengalami demam bisa ditempuh dengan penggunaan bahan alami dan obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter.

Penyembuhan demam menggunakan bahan alami dapat digunakan saat dirasa suhu panas anak masih dalam keadaan normal atau ringan, tapi kalau anak anda telah mengalami suhu panas yang memungkinkan anak mendapat perawatan sebaiknya hubungilah dokter secepatnya.


Menyembuhkan Demam Anak Menggunakan Bahan Alami:

1. Kompres Dengan Air Hangat
Untuk menghilangkan demam pada anak dapat dilakuka pengompresan menggunakan air hangat. Caranya siapkan satu buah kain lembut dan sebuah wadah berukuran sedang yang telah diisi air hangat secukupnya.

Ambil kainnya kemudian rendam ke dalam air dan angkat sambil diperas secara perlahan-lahan sampai kainnya telah terasa hangat, barulah di taruh pada bagian kepala yaitu di dahi anak dan diamkan selama 5 menit barulah diulangi kembali pengompresannya.

Pengompresan ini bisa dilakukan sebanyak satu kali saja dalam sehari saat kepala anak sedang mengalami panas.

Saat anak mengalami kenaikan suhu panas dibagian kepala ada baiknya hindari pengompresan menggunakan air dingin atau air es.

Karena menyangkut kesehatan anak ada baiknya setiap bahan yang digunakan harus diperhatikan secara hati-hati dan informasinya juga harus jelas sehingga tidak membahayakan kesehatan anak.

Saat suhu tubuh sedang naik ada baiknya gunakan air hangat untuk pengompresan agar dapat membantu menurunkan suhu panas yang dialami.

2. Berikan Anak Air Hangat Untuk Diminum
Saat anak mengalami demam panas bisa diberikan minuman air putih hangat agar dapat membantu menurunkan suhu tubuh secara perlahan-lahan.

Air hangat saat diminum akan menyebabkan tubuh lebih banyak menghasilkan keringat sehingga sangat baik dalam meningkatkan metabolisme dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

3. Buatkan Anak Sup Ayam Hangat Yang Ditambah Daun Seledri
Anak yang mengalami demam panas juga sangat baik bila diberi makanan sup ayam dengan tambahan daun seledri yang diketahui memiliki banyak manfaat yaitu membantu menormalkan suhu tubuh.

Bukan hanya daun seledri saja tapi sup ayam yang dihidangkan dalam keadaan hangat dapat menambah nafsu makan anak dan membantu anak menelan makanan dengan baik saat sedang mengalami demam panas.

4. Gunakan Bawang Merah
Bawang merah memiliki kandungan mineral yaitu kalium, asam folat, magnesium dan minyak alami yang ampuh dalam menurunkan suhu panas anak.

Caranya Siapkan 2 buah bawang merah dan kupas kulitnya, parut sampai tekstur bawang merah menjadi lembut kemudian tambahkan sedikit saja minyak kelapa kira-kira setengah sendok makan dan dicampur sampai merata.

Barulah dioleskan pada bagian perut dan bagian punggung anak secukupnya, nah saat diolesi biasanya akan menimbulkan aroma bawang merah dan ini sangat baik karena aroma bawangnya dapat membantu menenangkan juga membuat anak tertidur dengan nyaman.

Pengolesan bawang merah ini bisa dilakukan saat anak akan beristirahat atau sedang tertidur pulas sehingga suhu panas dari bawang merah ini dapat berkerja dengan baik dalam menurunkan panas anak.


Jangan lupa menyiapkan waktu anak untuk tidur agar tubuhnya dapat beristirahat dengan baik. Hindari mengkonsumsi minuman bersoda yang mengandung bahan pemanis dalam beberapa hari saat anak mengalami demam maupun sudah sembuh dari demam.

Selalu menjaga kebersihan pakaian dan lingkungan anak agar mencegah kontaminasi virus dan bakteri yang sewaktu-waktu dapat menyerang kesehatannya. 

Saat anak mengalami demam gunakan anak pakaian tipis dan hindari pakaian yang berbahan tebal karena dapat memicu naiknya suhu tubuh anak.

Jangan lupa juga untuk mengganti pakaiaan anak yang sudah mengandung banyak keringat sehingga kalau dibiarkan berlama-lama keringat menempel dipakaian dapat membuat anak sulit tidur dan tidak nyaman.


Semoga Bermanfaat...


Thanks for reading TIPS MENGHILANGKAN PANAS DEMAM ANAK DENGAN CEPAT SAMPAI SEMBUH

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment