Home » » SEJARAH DAN MANFAAT ENERGI LISTRIK UNTUK KEBUTUHAN HIDUP

SEJARAH DAN MANFAAT ENERGI LISTRIK UNTUK KEBUTUHAN HIDUP

MANFAAT LISTRIK UNTUK KEBUTUHAN :

1. Sumber Penerangan
Listrik sebagai sumber penerangan dirumah, kantor, tempat usaha dan masih banyak lagi. Sumber penerangan sangat membantu kita yang sedang membutuhkan cahaya untuk bisa membaca dan menambah penglihatan ketika ingin mencari sesuatu saat malam hari.

2. Penghasil Energi Panas
Listrik sebagai sumber penghasil panas, seperti contohnya pada dispenser atau alat pemanas air. Ketika kita hubungkan dengan listrik dalam beberapa menit saja, air sudah bisa dipanaskan dalam kondisi mendidih sehingga kita bisa menyeduh minuman teh atau kopi tanpa waktu yang lama.

3. Penghasil Energi Gerak
Listrik membantu menghasilkan energi gerak, seperti pada kipas angin. Dengan bantuan listrik, kipas dapat menyala dan dapat membantu menyejukan udara ruangan menjadi lebih sejuk dan nyaman sehingga kita tidak lagi merasakan kepanasan.

4. Sumber Informasi dan Hiburan
Adanya sumber listrik dihandphone dan televisi dapat membuatnya menyala sehingga dalam beberapa waktu kedepan, kita bisa menggunakannya dan bisa mendapatkan berbagai hiburan dan informasi yang tersedia.

5. Sumber Transportasi
Dalam Sarana transportasi juga tidak mau ketinggalan dari penggunaan sumber energi listrik dibeberapa kendaraan transportasi yang sudah mulai dikembangkan dan diperbaharui sehingga bisa memudahkan penggunanya, ,isalnya pada kereta litrik, mobil listrik dan motor listrik. Beberapa transportasi bisa dikembangkan lebih baik lagi dan bisa memberikan dampak yang baik bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitar, karena jenis transportasi yang menggunakan sumber listrik tentunya ramah lingkungan dan tidak menyebabkan polusi udara.


SEJARAH
Pada awalnya, listrik mulai dikenal manusia oleh seorang yang bernama Thales, berkebangsaan yunani. Ia mengamati sebuah batu ambar yang digosok-gosokkan kemudian didekatkan pada sebuah bulu halus, sehingga bulu tersebut pun ikut menempel. Ia pun beranggapan bahwa apa yang dilakukannya bisa menghasilkan sebuah listrik.

Setelah itu, diteruskan penelitian mengenai kemajuan kelistrikan oleh beberapa ilmuwan lain seperti Willian Gilbert (1733), Charles du Fay (1739), Benyamin Franklin, Alessandro Volta, Michael Faraday dan sampai saat ini kita sudah bisa merasakan perkembangan dunia kelistrikan yang semakin pesat dan sangat dibutuhkan dalam segala bidang.

Sejarah masuknya energi listrik ke Indonesia dimulai pada masa penjajahan, hal ini merupakan sebuah keuntungan bagi masyarakat indonesia sendiri. Kemudian didirikan beberapa tenaga listrik yang bersumber dari pembangkit listrik termis.

Pembangkit listrik termis merupakan tenaga listrik yang bersumber dari energi panas kemudian di ubah menjadi energi listrik. Dikarenakan Indonesia memiliki sumber energi yang begitu kaya, selain dimanfaatkannya energi panas. Kini sudah mulai dimanfaatkan sumber energi listrik yang berasal dari uap, sinar matahari atau surya, air dan angin.

Dan saat ini sudah ada aturan pemerintah bahwa setiap keluarga harus mendapat pasokan listrik agar mendapat fasilitas penerangan, membantu anak-anak belajar, meningkatkan perekonomian rumah tangga secara mandiri dan hal ini memiliki dampak yang baik untuk kemajuan masa depan sebuah bangsa.

Semua tentunya harus ada dukungan dan kerjasama dari pemerintah dan juga masyarakat, untuk bisa mendapatkan sumber energi baru yang masih bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh anak cucu kita kedepannya.

kegunaan energi listrik untuk kebutuhan manusia
 Energi Listrik
Gambar: www.pixabay.com

Semoga Bermanfaat...
Thanks for reading SEJARAH DAN MANFAAT ENERGI LISTRIK UNTUK KEBUTUHAN HIDUP

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment