Home » » CARA MENCUCI BAJU MENGGUNAKAN TANGAN YANG BENAR

CARA MENCUCI BAJU MENGGUNAKAN TANGAN YANG BENAR

Mencuci baju atau pakaian merupakan salah satu kebiasaan yang wajib dilakukan sehari-harinya baik pria maupun wanita sehingga hidup bisa terasa lebih mandiri ketika lagi sendirian ditempat kost atau sudah berumah tangga dengan tidak membebani orang lain.

Bagi kamu yang memang menyukai sesuatu yang bersih tentu sudah harus dari sekarang belajar mencuci baju sehingga ketika melihat tumpukan pakaian kotor yang sedang berserakan dikamar, kamu bisa langsung mencucinya dan tidak perlu lagi meminta bantuan pembantu rumah tangga, ketika mesin cuci lagi rusak atau dengan jasa loundry sehingga bisa merasakan salah satu dampak positifnya yaitu uang belanjamu bisa lebih hemat.


tips mencuci pakaian dengan tangan yang benar dan cepat
Mencuci Pakaian 
Gambar: www.pixabay.com


Nah, banyak dari kita yang sebenarnya pernah mencuci baju tapi cara yang dilakukan sebenarnya salah sehingga hasil dari cucian kita terlihat tidak memuaskan atau tidak rapi. Tentu hal ini pernah juga saya alami waktu pertama kali sedang belajar mencuci baju yang hasilnya belum kelihatan terlalu baik akan tetapi bila sudah terbiasa tentu tangan kita akan terlatih dengan sendirinya.

Sebenarnya untuk bisa terlatih mencuci baju atau pakaian sendiri bisa dimulai dari niat atau kebiasaan sehari-hari, kalau kita memiliki kebiasaan yang tidak sehat dari awalnya tentu dikemudian harinya akan menyusahkan kehidupan kita selanjutnya seperti kita tidak bisa hidup mandiri dan hanya bisa tergantung pada orang lain.

Baiklah sekarang kita langsung saja, mencuci pakaian atau baju menggunakan tangan yang merupakan hal yang baik dilakukan dan cara-caranya juga bisa terasa praktis dan mudah bila kita sudah terbiasa melakukannya.

Cara Mencuci Baju Menggunakan Tangan Yang Benar:
1. Jangan Lupa Menggunakan Sarung Tangan
Sebelum mencuci pakaian pastikanlah kalau tanganmu termasuk jenis kulit yang sensitif sebaiknya bisa gunakan sarung tangan yang dapat memudahkanmu saat akan mencuci pakaian. Untuk jenis kulit tangan sensitif tentu akan terasa sakit dan bisa saja menimbulkan luka berupa kemerah-merahan ditangan sehingga membuatmu terasa tidak nyaman.

Hal ini sering dialami oleh sebagian besar orang, untuk itu sebaiknya bisa lebih berhati-hati lagi pada awal merendam pakaian dengan detergen karena bisa memicu reaksi sensitif pada bagian tangan.

2. Pisahkan Pakaian Yang Memiliki Warna Putih Dan Berwarna
Sebelum masuk ke dalam proses mencuci sebaiknya kamu bisa memisahkan terlebih dahulu pakaian yang memiliki warna putih dan berwarna. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya luntur yang bisa merusak warna putih pakaianmu.

3. Pastikan Cuacanya Lagi Panas dan Cerah
Sebelum mencuci, kamu juga perlu memastikan cuacanya sedang panas dan cerah. Tentunya hal ini sangat penting dalam proses menjemur sehingga bisa mempercepat proses pengeringan pakaianmu. Namun bila cuacanya lagi mendung juga tidak masalah akan tetapi proses pengeringannya tentu akan lama dibandingkan saat menjemur dibawah cuaca sedang panas.

4. Rendam pakaian terlebih dahulu menggunakan air bersih secukupnya, selama 10 menit kemudian bilas dan buang air hasil rendaman pakaianmu. Biasanya rendaman pertama ini bisa membantu mengurangi kotoran dan debu yang sedang menempel dipakaianmu dan juga memudahkan pakaiannya telah basah sehingga membantu proses pengangkatan kotoran dengan deterjennya.

5. Tambahkan lagi air bersih sampai semua pakaian terendam, kemudian masukan deterjen secukupnya sesuai jumlah baju yang akan dicuci. Pilihlah jenis deterjen yang mampu mengangkat kotoran dengan cepat sehingga memudahkan kita membilasnya sampai bersih dan mampu menghilangkan bau yang tidak sedap yang sedang melekat diarea sekitaran baju.

6. Setelah deterjen dimasukan ke dalam air rendaman pakaian, diamkan selama 45 menit sehingga memudahkan deterjennya mengangkat kotoran yang sedang melekat dipakaian. Setelah 45 menit selesai, kamu bisa langsung mengucek pakaianmu satu per satu dan melihat kembali apakah kotorannya sudah terangkat dari baju atau belum. Kamu juga bisa menggunakan bantuan sikat pakaian tapi saat menyikatnya perlahan-lahan saja agar tidak merusak bagian pakaianmu sampai kotorannya bisa terangkat.

7. Selesai proses mengucek, kamu rendam lagi pakaiannya dengan air bersih kemudian buang kembali airnya lalu rendam lagi pakaiannya dengan air bersih kira-kira sebanyak 2 kali sampai sisa-sisa deterjen dan busanya yang masih melekat disekitaran pakaian dapat terangkat secara menyeluruh.

8. Sesudah itu kamu bisa merendam kembali pakaiannya dengan air bersih dan menambahkan pewangi pakaian yang aromanya kamu sukai seperti wangi rose atau lavender kemudian rendam bajunya dengan pewangi pakaian selama 25 menit, lalu angkat dan bilas satu persatu. Setelah itu, pakaiannya bisa langsung dijemur dibawah sinar matahari sampai pakaiannya kering.

9. Langkah terakhir yaitu kamu bisa melanjutkan dengan menyetrika pakaiannya untuk mendapatkan hasil yang rapi dan pakaiannya bisa terasa lembut dan nyaman pada saat akan digunakan, kemudian hasil setrika pakaian bisa langsung dilipat dan disimpan ke dalam lemari pakaian yang bersih dan terhindar dari kontaminasi debu ataupun serangga.


Catatan Penting:
Untuk pakaian yang berbahan wol, sutra dan lainnya yang memang bahannya agak sensitif dan mahal sehingga membuat bahan tersebut harus mendapatkan perlakuan khusus. Saat menggunakannya sebaiknya hindari dari kontak cairan atau kotoran yang bisa membuat bahannya sulit untuk dibersihkan sendiri dirumah sehingga tentunya kamu perlu bantuan ahli yang tepat untuk membersihkannya sampai bahan tersebut terlihat bersih kembali.

Untuk pakaian bayi dan anak-anak usia dibawah 3-4 tahun sebaiknya saat akan mencucinya bisa dipisah dengan pakaian dewasa. Apalagi yang pakaian atau celana dewasa yang berbahan jeans tentu saat akan mencucinya sebaiknya dapat dipisah dengan pakaian anak-anak atau yang berbahan lembut, karena bahan jenis jeans ini sering luntur kalau saat mencucinya dengan cara yang tidak benar.



Semoga Bermanfaat...


Thanks for reading CARA MENCUCI BAJU MENGGUNAKAN TANGAN YANG BENAR

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment