Home » » MANFAAT DAN KANDUNGAN UBI UNGU UNTUK KESEHATAN DAN MENURUNKAN BERAT BADAN

MANFAAT DAN KANDUNGAN UBI UNGU UNTUK KESEHATAN DAN MENURUNKAN BERAT BADAN

Ubi ungu memiliki nama ilmiah Ipomoea batatas yang merupakan salah satu tanaman yang bisa dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh sehingga kandungannya sangat dipercaya dapat membantu mengurangi berat badan selama proses diet berlangsung.

Tanaman ubi sangat sering dijadikan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia yaitu bagian akarnya khususnya ubi ungu seperti diwilayah papua, maluku, sulawesi dan masih banyak lagi. Ubi ungu biasanya dimasak dengan cara direbus menggunakan air sampai matang dan dimakan selagi hangat dengan tambahan ikan bakar dan sambal sesuai selera sehingga menciptakan hidangan yang nikmat.


kandungan ubi ungu untuk kesehatan
 Manfaat Ubi Ungu
Gambar: www.pixabay.com

Ubi ungu kaya akan sumber energi dan zat gizi dalam membantu aktivitas sehari-hari seperti karbohidrat, protein, serat alami, magnesium, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan masih banyak lagi zat nutrisi yang terkandung didalamnya.

Ubi ungu memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga bila dimakan sesuai porsi yang ada ternyata tidak berdampak pada kenaikan berat badan melainkan bila dikonsumsi secara rutin kandungannya akan sangat membantu tubuhmu mendapatkan berat badan yang ideal.

Ubi ungu bila dimakan dalam keadaan matang akan terasa manis dan ketika kandungan nutrisinya masuk ke dalam saluran pencernaan akan mudah dicerna dan terserap sampai ke dalam seluruh tubuh sehingga akan sangat membantu dalam menyehatkan dan meningkatkan kinerja organ lainnya seperti organ jantung.

Bagi penderita diabetes tentunya perlu mengurangi mengkonsumsi bahan makanan yang manis, namun tidak untuk ubi ungu yang memiliki kandungan glukosa yang rendah sehingga aman bila dikonsumsi dengan takaran yang cukup bagi penderita diabetes. Selain itu, kandungan serat alami yang terkandung didalam ubi ungu akan sangat membantu dalam menormalkan kadar gula dalam darah sehingga membantu proses penyembuhan diabetes.


Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan Tubuh:
1. Melancarkan Peredaran Darah
Ubi ungu mengandung nutrisi zat besi yang sangat membantu dalam melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang tidak normal akan mengganggu kinerja organ tubuh sehingga bisa menimbulkan berbagai penyakit yang tidak diinginkan, maka dari itu sangat perlu untuk mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung zat besi dalam melancarkan peredaran darah.

2. Menjaga Kesehatan Organ Jantung
Ubi ungu juga merupakan sumber makanan yang sangat baik dalam menjaga kesehatan organ jantung dari bahaya penyakit seperti kanker. Ubi ungu memiliki kandungan serat alami yang dipercaya dapat mencegah berbagai jenis penyakit yang bisa mengancam organ jantung.

3. Menutrisi Kesehatan Kulit Dan Wajah
Dalam ubi ungu ternyata mengandung vitamin C dan senyawa antioksidan yang sangat baik dalam menutrisi kesehatan kulit seperti membantu dalam mengurangi timbulnya jerawat dan bekas hitam pada permukaan kulit, selain itu juga dapat mencerahkan permukaan kulit sehingga terasa semakin sehat sepanjang hari.

4. Meningkatkan Kekuatan Tulang
Untuk menyehatkan organ tulang kamu bisa mengkonsumsi ubi ungu yang mengandung senyawa kalsium yang dapat mencegah kekuatan tulang mengalami penurunan dan terhindar dari resiko penyakit osteoporosis yang dapat menyerang saat usia lanjut sehingga sangat perlu disarankan untuk menjaga kesehatan tulang dengan rajin berolahraga dan rutin mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung kalsium seperti dalam ubi ungu yang menyehatkan.

5. Menyehatkan Saluran Pencernaan
Bila kamu rutin mengkonsumsi ubi ungu yang dimasak dengan cara direbus, ternyata khasiatnya sangat membantu dalam menyehatkan dan melancarkan saluran pencernaan sehingga bisa terhindar dari BAB yang tidak normal yang dapat menganggu kesehatan sistem pencernaan.

Selama mengkonsumsi ubi ungu, kamu diharapkan juga perlu mengimbanginya dengan rutin mengkonsumsi air putih secukupnya sehingga bisa memudahkan kinerja nutrisi dari ubi ungu dalam organ tubuh.

Saat proses diet sedang berjalan, kamu juga bisa mengganti sumber karbohidratnya sebagai sumber energi seperti nasi dengan ubi ungu yang bisa ditambahkan dengan asupan sayuran alami yang dapat dimasak terlebih dahulu kemudian dikonsumsi.

Kalau belum terbiasa dengan rasa ubi ungunya, kamu bisa mencoba mengkonsumsi ubi ungunya secara perlahan-lahan sampai kamu bisa terbiasa dengan sendirinya seperti seminggu 2 atau 3 kali kamu bisa mencicipinya karena ubi ungu mengandung banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.



Semoga Bermanfaat...


Thanks for reading MANFAAT DAN KANDUNGAN UBI UNGU UNTUK KESEHATAN DAN MENURUNKAN BERAT BADAN

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment