Home » » CARA MELUNASI HUTANG DENGAN MUDAH AMAN DAN CEPAT

CARA MELUNASI HUTANG DENGAN MUDAH AMAN DAN CEPAT

Hutang merupakan salah satu cara alternatif yang sering ditempuh oleh beberapa orang yang sedang membutuhkan pinjaman uang untuk tujuan memulai bisnis baru atau memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Pada dasarnya seseorang yang akan berhutang sering disarankan agar menyiapkan jaminan seperti beberapa barang yang masih memiliki nilai jual, sehingga ketika si penghutang tidak bisa melunasi hutangnya maka si pemberi hutang bisa menguangkan barang pemilik hutang agar terhindar dari kerugian.

Siapa saja tentu boleh berhutang tapi namanya hutang harus dibayar dan dilunaskan agar tidak merugikan hidup orang lain. Berhutang bisa ditempuh ketika kita berada dalam keadaan darurat dan sedang membutuhkan pinjaman sehingga tujuan kita bisa tercapai dengan baik. Agar hutangmu tidak menumpuk, maka dari itu berhutanglah sesuai kebutuhan yang ada dan jangan sampai berhutang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.


Cara Melunasi Hutang Dengan Mudah Dan Cepat
Melunasi Hutang
Gambar: www.pixabay.com


Ada banyak dari kita saat berhutang, biasanya menggunakannya untuk hal-hal yang tidak menguntungkan. Cara yang paling baik ketika sedang berhutang yaitu pergunakanlah untuk tujuan berinvestasi karena dengan investasi biasanya beban hidup akan terasa lebih ringan. Kita bisa membeli beberapa barang yang memiliki nilai jual tinggi dengan mengalami peningkatan setiap tahun dan hal ini tentu akan menguntungkan.

Ternyata ada beberapa cara dan langkah lain yang bisa kita tempuh untuk segera melunasi hutang dengan mudah dan tidak membuat kita kepikiran terus-menerus. Cara ini sebenarnya sudah harus kita pikirkan sejak awal agar prosedur dan pelunasan hutang bisa berjalan lancar dan tidak ada hambatan kedepan.


CARA MELUNASI HUTANG DENGAN MUDAH:

1. Fokus Dalam Membayar Hutang
Hal pertama yang bisa disarankan yaitu dengan berfokus dalam melunasi hutang. Kamu harus menyimpan uang yang kamu dapat sehingga setelah sudah cukup maka segeralah membayar dan kamu juga harus membuat sebuah pembukuan catatan agar kamu bisa lebih mengetahui jumlah hutang yang masih belum lunas. Hal ini merupakan cara yang bisa membantu kamu supaya lebih berfokus dalam menyetor uang ke pemilik uang. Tanpa adanya catatan yang jelas tentu kita seringkali lupa sudah berapa banyak uang yang telah disetor, apalagi untuk jumlah hutang yang besar kamu perlu menyiapkan catatan yang lengkap agar mempermudah pelunasan nantinya.

Kemudian, jangan pernah menunda-nunda untuk melunasi hutangmu saat uang sudah terkumpul. Kamu harus segera mendatangi si pemiliki uang, lalu menyerahkan uangmu sehingga kita bisa berkonsentrasi lagi dalam membayar hutang selanjutnya.

2. Tingkatkan Pendapatan Dan Pemasukan Setiap Hari Dari Bisnis
Saat sedang berhutang, kamu perlu meningkatkan pendapatanmu dari bisnis dan usaha yang sedang kamu jalankan saat ini. Misalnya kamu sedang berbisnis makanan, nah dengan menambah jumlah makanan yang sangat diminati oleh orang banyak tentu akan membuat pemasukanmu semakin meningkat dengan baik.

Dan hal ini akan sangat membantu kamu dalam melunasi jumlah hutang yang kamu miliki sehingga bisa dengan mudah lunas dan kamu juga bisa menggunakan sisa uang yang kamu dapat dengan berinvestasi atau membuka bisnis baru yang kamu inginkan agar uangmu semakin meningkat dan membuat orang lain bisa lebih percaya lagi dalam meminjamkan uangnya ke kamu.

3. Kurangi Pengeluaran Dan Berhemat
Berhemat adalah solusi yang paling baik saat kamu sedang berhutang. Dengan mengurangi jumlah pengeluaran setiap bulannya tentu akan mempercepat dalam membantu kamu melunasi semua hutangmu. Ketika kamu meminjam uang dibank dan dibeberapa instansi lain, ingatlah akan berapa persen bunga yang diberikan sesuai jumlah hutangmu sehingga kalau kamu tidak berhemat dan malah hanya menghambur-hamburkan uang yang kamu dapat, tentu akan bisa menyulitkan kamu nanti dalam proses melunasi hutang.

4. Hindari Penggunaan Kartu Kredit
Bila kamu sedang berhutang, sebaiknya bisa hindari penggunaan kartu kredit terlebih dahulu. Apalagi gaji atau pendapatanmu setiap bulan hanya pas-pasan, dengan penggunaan kartu kredit pengeluaranmu akan meningkat karena biasanya terdapat bunga atau iuran kartu kredit yang harus dibayar setiap bulannya dan belum lagi ditambah dengan jumlah hutangmu. Untuk menonaktifkan penggunaan kartu kredit, kamu bisa menghubungi pihak bank untuk menghentikan penggunaan kartu kredit agar sudah tidak lagi digunakan. Sebaiknya kartu kredit yang sudah dinonaktifkan bisa disimpan ditempat yang aman.

Saat dirasa hutangmu sudah lunas semua, barulah kamu bisa kembali menggunakan kartu kredit sesuai kebutuhanmu dengan meminta persetujuan pihak bank analis kartu kredit agar bisa mengaktifkan kembali kartu kredit yang kamu butuhkan untuk segera digunakan.

5. Menjaga Kesehatan Dan Jangan Sampai Sakit
Menjaga kesehatan supaya terhindar dari sakit dan bisa membuat tubuh semakin semangat dalam mencari uang merupakan hal yang perlu kamu utamakan. Mengalami sakit tentu tidak diinginkan oleh semua orang karena membuat pendapatan seseorang bisa menurun sehingga menyulitkan kamu dalam melunasi hutang. Berusahalah hindari kebiasaan tidak sehat dan menjaga asupan makanan supaya tubuhmu tetap sehat seperti kurangi begadang, rajinlah berolahraga, banyak makan buah dan sayur sehingga tubuh dapat terisi dengan sumber energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk mencari uang dan bisa menambah penghasilan setiap hari.

6. Menjual Barang Bekas Yang Sudah Tidak Digunakan
Cara ini sering ditempuh sebagian orang yang memang sedang terdesak dalam membayar hutangnya. Apabila dirumah terdapat alat elektronik yang sudah tidak digunakan dan masih memiliki nilai untuk dijual seperti komputer, lemari pendingin, televisi dan lainnya. Kamu bisa menjualnya ke beberapa tempat penjualan barang bekas didaerahmu atau bisa melalui jasa online marketplace seperti facebook, tokopedia, bukalapak, lazada, blibli dan elevenia sehingga barang kamu bisa semakin banyak dilihat oleh orang, yang akhirnya kamu bisa semakin diutungkan dan hutangmu bisa terbayar lunas.

Namun, bila akan berjual-beli lewat online marketplace sebaiknya kamu bisa menyediakan informasi yang jelas dari barang yang akan kamu jual sehingga barangmu bisa cepat laku. Berhati-hatilah saat bertransaksi online, disarankan kamu bisa menerima uangnya terlebih dahulu baru bisa langsung mengirim barangnya karena jangan sampai kamu tertipu yang bisa akan membuatmu rugi nantinya.


Semoga Bermanfaat...


Thanks for reading CARA MELUNASI HUTANG DENGAN MUDAH AMAN DAN CEPAT

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment