Home » » PENGERTIAN PANTUN DAN CARA MEMBUAT PANTUN YANG MUDAH DAN BENAR UNTUK PEMULA

PENGERTIAN PANTUN DAN CARA MEMBUAT PANTUN YANG MUDAH DAN BENAR UNTUK PEMULA

Pantun merupakan salah satu karya sastra yang termasuk dalam jenis puisi lama yang penyampaiannya secara lisan dan mengandung isi yang memiliki kejadian atau peristiwa yang pernah terjadi di masyarakat. Pantun adalah jenis sastra yang sudah terkenal luas  dan pantun harus memiliki pesan moral yang baik.

Membuat pantun, salah satu kriterianya harus bersajak a-b-a-b atau a-a-a-a pada bagian belakang baris pantun agar menghasilkan kesamaan bunyi. Pantun mempunyai baris yang terdiri dari 8-12 suku kata sehingga memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan dengan jenis sastra lain dan biasanya sebuah pantun yang disebarkan secara lisan sering tidak dicantumkan nama pengarangnya.

Penyampaian pantun memerlukan rima dan irama agar isi pesan yang disampaikan bisa diterima dengan mudah. Selain itu, artikulasi dalam pengucapan suku kata per bait juga harus jelas karena merupakan hal yang penting. Ada banyak yang bisa membuat pantun, akan tetapi bila penyampainnya tidak begitu jelas maka bisa membuat orang lain menjadi kebingungan apa maksud makna yang tersirat dalam isi pantun tersebut.


JENIS-JENIS PANTUN :
Pantun memiliki beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan keadaan atau peristiwa yang sedang terjadi yaitu:
1. Pantun Percintaan
Pantun yang berisi tentang sebuah perasaan kasih sayang dan romantisme pada pasangan atau orang yang disayangi.

2. Pantun Teka-Teki
Pantun yang berisi mengenai tebak-tebakkan yang merupakan teka-teki dan harus dijawab oleh para pendengar. Pantun teka-teki bisa dilakukan bila pemainnya berjumlah diatas maksimal 2 orang, lebih juga tidak masalah karena akan membuat seru permainan pantunnya.

3. Pantun Nasihat
Pantun yang berisi tentang didikan dan mengajarkan mengenai nilai-nilai moral yang baik dikeluarga dan masyarakat. Pantun nasihat juga bisa di isi dengan pesan pendidikan atau edukasi bagi anak-anak yang masih berada dibangku sekolah agar selalu rajin berlajar dan patuh terhadap orang tua.

4. Pantun Agama
Pantun yang berisi tentang nilai-nilai agama dan pesan yang mengandung rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa akan nikmat dan berkat yang telah disediakan saat ini.

5. Pantun Jenaka
Pantun yang berisi tentang hal-hal yang bisa membuat orang lain tertawa dan selalu bahagia, sambil mendengarkan pantun yang dibawakan dengan gaya bahasa dan ekspresi yang lucu dan menggemaskan.

Contoh Pantun Nasihat:
Ada cincin jatuh di pekarangan
Yang dapat akan dicium
Siapa buang sampah sembarangan
Nanti akan dihukum

Orang tua memberi amanat
Anak seharusnya mendengar
Kalau ingin jadi orang bermanfaat
Makanya harus rajin belajar

Hematlah sebelum berbelanja
Saat diberikan berkah
Jadi orang harus rajin bekerja
Supaya masa depan menjadi cerah


Contoh Pantun Percintaan:
Jalan-jalan ke toko buku
Untuk mencari ilmu
Jangan pernah menjauhi hidupku
Karena aku sayang kamu

Cinta perlu pengabdian
Dan saling bahu-membahu
Daripada hanya pacaran
Lebih baik ke penghulu

Cita-cita menjadi pemburu
Agar hati tidak menjerit
Jauhi perasaan cemburu
Biar pikiran tidak sakit


MANFAAT PANTUN BAGI PENDENGARNYA :

1. Meningkatkan Daya Ingat Berpikir
Dengan berpantun akan sangat membantu dalam meningkatkan daya ingat otak ketika berpikir karena saat memulai pantun, kita diharuskan untuk menghafal dan mengingat setiap kalimat yang terdapat dalam bait pantun sehingga ketika disampaikan sudah bisa langsung diterima oleh pendengar. Saat mengucapkan pantun per baitnya tanpa sadar kita telah melatih otak dan daya ingat dalam mengingat kata per kata dalam isi pantun.

2. Melestarikan Kebudayaan
Seseorang yang sering berpantun tentu akan membantu dalam melestarikan kebudayaan, apalagi pantun yang ia sampaikan mengandung makna dan sejarah bangsa. Dengan melestarikan kebudayaan bangsa melalui pantun tanpa sadar kamu sudah mempromosikan karya sastra yang sudah dikenal secara turun-temurun dalam lingkungan masyarakat dan sekitar.

3. Memberikan Pesan Moral Dimasyarakat
Penyampaian pantun yang mengandung pesan moral dan nasihat agar generasi selanjutnya tetap semangat dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dalam masyarakat adalah hal yang patut diutamakan. Cara yang tepat dalam memberikan pesan ke masyarakat yaitu melalui karya pantun yang dikemas dengan kalimat yang memberikan nasehat agar selalu saling menghargai antara sesama.

4. Membuat Suasana Hati Semakin Bahagia
Saat mendengarkan pantun jenaka tentu akan membantu kita bisa tertawa karena didalamnya sering di isi dengan kalimat lawakan sebagai bahan lucu-lucuan dan menghibur yang bisa membuat suasana hati kita merasa semakin bahagia dan jauh dari stres apalagi emosi.

5. Menjalin Hubungan Pertemanan Agar Lebih Baik
Dengan berpantun bersama teman-teman akan sangat membantu hubungan pertemanan menjadi lebih baik karena berpantun bisa menyatukan berbagai perasaan baik sedih dan bahagia yang membuat kita bisa saling menghargai dan menerima satu sama lain. Pantun yang bisa kamu gunakan yaitu pantun jenaka karena mudah diterima sehingga ketika ada teman yang lagi sedih akan kembali semangat untuk memulai aktivitas selanjutnya.


Cara membuat pantun dengan mudah dan cepat
Pantun
Gambar: www.pixabay.com


Semoga Bermanfaat...
Thanks for reading PENGERTIAN PANTUN DAN CARA MEMBUAT PANTUN YANG MUDAH DAN BENAR UNTUK PEMULA

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment