Home » » KENALI PERILAKU PEMBELI DAN KONSUMEN SAAT BERBELANJA ATAU MEMBELI BARANG

KENALI PERILAKU PEMBELI DAN KONSUMEN SAAT BERBELANJA ATAU MEMBELI BARANG

Saat kita mengerjakan sebuah bisnis seperti bisnis pribadi maupun bisnis orang lain tentu saja tidak bisa terlepas dari peran penting konsumen yang merupakan salah satu media penting sumber keuntungan dalam berbisnis setiap waktu. Bila sedang berhadapan dengan konsumen atau pelanggan, kita perlu melakukannya dengan cara dan teknik yang benar sehingga bisa memberikan kesan dan hubungan yang baik bagi kedua pihak.

Namanya konsumen saat akan membeli atau berbelanja tentu memiliki cara dan sifat yang bermacam-macam sehingga sebelum menghadapi jenis konsumen yang seperti ini kita bisa dengan mudah mengendalikan diri kita agar sebisa mungkin dapat menjawab dan memberi pelayanan dengan baik yang akhirnya konsumen tersebut merasa dihargai karena cara yang kita lakukan memang sudah benar dalam berbisnis.

Kenali perilaku pembeli saat berbelanja dan membeli barang
 Konsumen
Gambar: www.pixabay.com

Ada banyak para pengusaha yang sering menciptakan suasana yang tidak kondusif pada bisnis jualannya misalnya karena kesalahan sedikit saja dari konsumen, pemilik barang mudah emosi sehingga kalau dibiarkan dan tidak diperbaiki segera mungkin maka bisa membuat tempat jualannya menjadi sunyi pembeli karena cara atau pelayanan yang dilakukan pemilik usaha terlihat sedikit tidak nyaman pada para pembeli.

Kita pasti pernah mendengar sebuah kalimat mengatakan "Pembeli Adalah Raja", ya memang benar karena kalau tanpa adanya pembeli dari mana si pembisnis mendapatkan keuntungan?, tapi sebaik-baiknya kita sebagai pembisnis tentu perlu membutuhkan sebuah cara yang benar agar kita bisa selalu semangat dan tidak cepat putus asa dalam berbisnis, apalagi pembisnis juga manusia yang punya batas kesabaran. Nah, caranya yaitu hadapi segala sesuatu dengan pikiran dan hati yang sangat bijaksana dalam menangani sebuah bisnis.

Maka, sebelum menghadapi konsumen kita sudah harus siap menghadapi penolakan terlebih dahulu dengan bijak agar kita tidak gampang emosi walaupun konsumennya sudah bikin waktu kita terbuang percuma. Bila hal ini kamu terapkan dari awal memulai bisnis, tentu akan sangat membantu kamu dalam memberi kesan yang baik bagi pelangganmu sehingga mereka bisa terkesan dan kembali lagi ke tempat usaha kamu karena cara penanganan yang sudah benar.

Ini ada beberapa perilaku konsumen yang perlu diketahui bagi para penggerak usaha sehingga bila dilapangan menemukan jenis konsumen seperti ini, tentu tidak perlu kaget dan sudah tahu cara yang benar dalam menangani konsumennya.


KENALI PERILAKU KONSUMEN SAAT MEMBELI BARANG:

1. KONSUMEN YANG MUDAH TERSINGGUNG
Jenis konsumen seperti ini tentu bisa diatasi dengan menjaga perkataan dan sikap kita agar membuat konsumennya tidak mudah tersinggung dan bisa merasa nyaman saat akan bertanya mengenai produk yang kita jual. Jelaskan dengan tutur kata yang mudah dimengerti dan jangan bermain-main saat menjelaskan karena disini kamu harus mengambil hati konsumennya agar bisa tertarik untuk membeli, konsumennya tentu memperhatikan cara bicaramu kalau berisi respon yang kurang baik tentu bisa membuat mereka tidak ingin berlama-lama berada ditempat jualanmu.

2. KONSUMEN YANG BANYAK BERTANYA
Konsumen jenis ini tentu harus dilayani dengan sebaik mungkin, biasanya ia banyak bertanya bukan berarti ia tidak mau membeli cuma karena jenis konsumen seperti ini masih memikirkan produk jualanmu ini memang sangat dibutuhkan atau tidak. Namanya manusia tentu tidak ingin uangnya terbuang percuma, begitu juga dengan konsumen yang masih mencari-cari barang yang tepat untuk ia gunakan. Sarannya yaitu kamu hanya tinggal jelaskan dan tidak perlu secara lengkap, namun hanya point-point pentingnya saja agar konsumen bisa cepat tahu kegunaan dari produk yang kamu jual.

3. KONSUMEN YANG TELITI DAN SUKA MENGKRITIK
Konsumen yang sangat teliti dan senang mengkritik tentu jumlahnya sangat banyak dalam dunia bisnis. Maka kamu sebagai pembisnis harus siap hati dan bisa menerima saat dikritik bila ada kesalahan dan berikan penjelasan yang cepat diterima agar konsumennya bisa menyelesaikan kritikannya. Karena kalau terlalu banyak dikritik juga bisa bikin kita sebagai pembisnis panas telinga dan ingin cepat-cepat menyudahi kesalahan yang terjadi. Sarannya yaitu sebelum menjual ada baiknya periksa dahulu apakah ada kekurangan atau tidak dari produk yang dijual, karena namanya konsumen bila ia sudah mengeluarkan uang tentu tidak ingin barangnya rusak atau cacat sedikitpun. Kalau tidak segera diperbaiki maka konsumen bisa tidak lagi percaya dengan barang yang kamu jual.

4. KONSUMEN YANG TIDAK MUDAH TERTARIK
Jenis konsumen seperti ini tentu sangat sulit untuk dipengaruhi karena ada beberapa hal yang bisa membuat ia tidak mudah tertarik yaitu ia pernah membeli produk jualanmu sebelumnya, tidak memiliki uang dan tidak sedang membutuhkan produkmu. Biasanya konsumen yang tidak mudah tertarik dari produk jualan yang kita pasarkan bisa dilihat dari tampilan wajah yang bersikap cuek ketika kita sedang menjelaskan. Kalau ia bertanya jelaskan point-point pentingnya saja dan jangan terlalu berharap ia mau membeli karena kalau akhirnya ia tidak jadi membeli maka kamu juga yang akan lelah sendiri.

5. KONSUMEN YANG RAMAH DAN BAIK
Konsumen yang ramah dan baik tentu sangat diterima oleh semua pembisnis karena biasanya konsumen ini mudah terbuka akan produk barang yang ia butuhkan dan langsung membeli tidak perlu menanyakan panjang lebar ke pemilik usaha. Sehingga diwaktu kedepan bila ia ingin membeli lagi maka penjualnya akan sangat senang dan mungkin saja bisa memberikan diskon atau potongan harga bila konsumennya membeli produk yang banyak karena telah membawa keuntungan yang lebih bagi para pemilik bisnis.




Semoga Bermanfaat...


Thanks for reading KENALI PERILAKU PEMBELI DAN KONSUMEN SAAT BERBELANJA ATAU MEMBELI BARANG

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment